Kejaksaan Negeri Jakarta Barat melayani pengambilan SIM-STNK-KIR kendaraan bermotor terhadap pelanggar lalu lintas yang diputus verstek tanpa kehadiran pelanggar di PN Jakbar dan dapat diambil pada hari dan jam kerja | Kejaksaan Negeri Jakarta Barat melaksanakan penegakan hukum dengan hati nurani dan berdasarkan undang-undang. Masyarakat yang akan memberikan masukan, kritik dan saran atau melaporkan suatu tindak pidana korupsi dapat melalui website Kejari Jakarta barat melalui pengaduan@kejari-jakbar.go.id | Isi situs bersifat informatif, bukan merupakan legal opinion dari Kejaksaan R.I. Apabila terdapat data elektronik based yang berbeda dengan data resmi paper maka yang menjadi acuan adalah data resmi paper based | Kejaksaan Negeri Jakarta Barat bekerja sama dengan Koperasi Teguh Sejahtera Bersama menerbitkan layanan Tilang Cash On Delivery, bagi pelanggar yang tidak mempunya waktu untuk mengambil berkas Tilang, dapat menghubungi melalui Whatsapp di Nomor 0812 8429 9818.

Apresiasi Tim TP4D Kejari Jakbar terhadap kuantitas pengerjaan proyek Betonisasi Sudin Bina Marga Kota Administrasi Jakarta Barat

(08/11/2017) Jakarta – Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan (disingkat TP4D-red) pada kantor Kejaksaan Negeri Jakarta Barat (Kejari Jakbar) melakukan peninjauan proyek Suku Dinas Bina Marga Kota Administrasi Jakarta Barat, Rabu (08/11).

tp4d08112017binamarga 03Kepala Seksi Intelijen yang sekaligus Ketua TP4D Kejari Jakbar, Teguh Ananto, SH. MH didampingi Wakil Ketua TP4D, Ismail Fahmi, SH (Kasie Perdata dan Tata Usaha Negara Kejari Jakbar) beserta Kasudin Bina Marga  dan Kasie Jalan dan Jembatan Sudin Bina Marga Kota Administrasi Jakarta Barat melakukan peninjauan dibeberapa titik lokasi proyek di Grogol Petamburan dan Palmerah, Jakarta Barat. Lokasi proyek yang ditinjau Tim TP4D Kejari Jakbar yakni di Jalan Tanjung Duren Utara 8 dan 9, Jalan Taman Apel II, Tanjung Duren Utara, Kemanggisan Utama II dan beberapa titik lainnya. Di wilayah Grogol Petamburan, untuk pekerjaan peningkatan jalan beton yang dikerjakan PT. Nikita Sari Jaya mendapat pujian dari TP4D dan Sudis Bina Marga.

“Ketebalan jalan beton melebihi dari yang diminta. Bina Marga minta 20 cm, dan pelaksanaannya ada yang sampai 21, 22 dan 23 cm,” ujar Teguh Ananto didampingi Kasie Datun Kejari Jakbar, Fahmi.

Sementara untuk pekerjaan Asphalt Mixing Plant (AMP) yang dilaksanakan PT. Widya Sapta Colas untuk wilayah Kecamatan Gropet dan Palmerah, juga mendapat apresiasi dari TP4D Kejari Jakbar. “Secara kuantitas pekerjaan tersebut sudah sesuai dengan as built drawing,” ujar Teguh.

tp4d08112017binamarga 04Teguh mengatakan, untuk mengetahui kualitas, bukan ranah TP4D, namun harus mengikuti SOP Sudis Bina Marga yakni melalui pihak ketiga yakni laboratorium Bina Marga. “Ada beberapa titik yang telah dilakukan core drill, nah itulah nanti dibawa ke lab untuk di uji kualitasnya, apakah benar beton itu sudah mencapai kadar atau bobot yang sesuai dengan kontrak. Itu ranahnya ahli,” ujarnya.

Teguh menjelaskan bahwa bila hasil lab telah sesuai dengan kontrak, maka silahkan dilanjutkan dengan pembayaran kepada pihak pelaksana. Namun apabila tidak sesuai, maka akan ada konsekwensinya. “Kalau TP4D hanya kasat mata, semua orang tahu, panjang, lebar dan ketebalan. Tapi untuk kualitas, itu ranah ahli. Di situlah peran TP4D agar tidak lagi macam-macam. Apakah as built drawing itu benar gak dengan fakta lapangan? Kalau mereka bohong, pasti ketahuan,” ujar pria kelahiran Pati, Jawa Tengah tersebut.

tp4d08112017binamarga 02

Menyikapi peninjauan proyek hari itu, Teguh selaku Ketua Tim TP4D Kejari Jakbar mengapresiasi bahwa as built drawing lokasi pekerjaan yang ditinjau telah sesuai dengan fakta lapangan. (nrl)

(Tim Website Kejari Jakbar)