Kejaksaan Negeri Jakarta Barat melayani pengambilan SIM-STNK-KIR kendaraan bermotor terhadap pelanggar lalu lintas yang diputus verstek tanpa kehadiran pelanggar di PN Jakbar dan dapat diambil pada hari dan jam kerja | Kejaksaan Negeri Jakarta Barat melaksanakan penegakan hukum dengan hati nurani dan berdasarkan undang-undang. Masyarakat yang akan memberikan masukan, kritik dan saran atau melaporkan suatu tindak pidana korupsi dapat melalui website Kejari Jakarta barat melalui pengaduan@kejari-jakbar.go.id | Isi situs bersifat informatif, bukan merupakan legal opinion dari Kejaksaan R.I. Apabila terdapat data elektronik based yang berbeda dengan data resmi paper maka yang menjadi acuan adalah data resmi paper based | Kejaksaan Negeri Jakarta Barat bekerja sama dengan Koperasi Teguh Sejahtera Bersama menerbitkan layanan Tilang Cash On Delivery, bagi pelanggar yang tidak mempunya waktu untuk mengambil berkas Tilang, dapat menghubungi melalui Whatsapp di Nomor 0812 8429 9818.

Kajari Jakbar hadiri silaturahmi Forum Komunikasi Pimpinan Kota (Forkopimko) tingkat Kota Administrasi Jakarta Barat

(14/02/2018) Jakarta – Silaturahmi Forum Komunikasi Pimpinan Kota (Forkopimko) kembali digelar. Kali ini acara silaturahmi diselenggarakan di ruang serbaguna MH. Thamrin, Kantor Walikota Jakarta Barat, hari Rabu (14/2), kemarin. Silaturahmi yang digagas Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Hengky Haryadi ini dihadiri langsung oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Barat, HM. Anas Efendi, Dandim 0503 Jakarta Barat, Dr. Patris Yusrian Jaya selaku Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Barat, Ketua Pengadilan Negeri, para camat dan lurah beserta tokoh masyarakat dan agama se-Kota Administrasi Jakarta Barat. 

forkopimko1Walikota Jakarta Barat dalam sambutannya mengatakan, silaturahmi Forkopimko bermanfaat untuk meningkatkan sinergitas Forkopimko dengan elemen masyarakat dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. "Semua pihak memberikan kontribusi terbaik dalam memelihara kamtibnas sesuai kapasitas dan kewenangannya, demi terwujudnya masyarakat madani berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," ujarnya. 

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Hengky Haryadi menambahkan, tindak kriminalitas bisa ditekan dan dicegah jika kerja sama yang baik dengan seluruh pihak.  "Menjaga kamtibmas bukan hanya tanggung jawab aparat kepolisian, tapi semua pihak," tandasnya.

forkopimko5Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Barat (Kejari Jakbar), Dr. Patris Yusrian Jaya dalam kesempatan yang sama, membenarkan hal-hal yang disampaikan Kapolres. Terutama beberapa hal yang beliau garis bawahi terutama tindak pidana yang meresahkan masyarakat. “Dibandingkan Kejari lain di wilayah DKI Jakarta, Kejari Jakbar sudah terkenal tinggi dalam memberikan tuntutan kepada para pelaku tindak pidana Narkoba”. Ujar Patris.

Untitled 1Patris menambahkan, Sepanjang Tahun 2017 pihaknya telah banyak menyidangkan perkara tindak pidana narkotika. Tetapi menurutnya angka kejahatan narkotika masih saja menunjukan angka tinggi. “Itu artinya pemberian maksimal tuntutan pidana, tidak menjadikan efek jera terhadap para pelakunya”. Patris menilai perlunya suatu terobosan baru diwilayah Jakarta Barat agar kasus narkotika di Jakarta Barat menurun. Karena didalam pusaran peredaran narkotika berlaku hukum ekonomi yaitu banyak permintaan, banyak penjual. “Maka untuk memberantas tindak pidana narkoba diperlukan peranan seluruh lapisan masyarakat, mari kita berantas bersama-sama”, ujar pria kelahiran Palembang tersebut.(nrl)